Selasa, 09 Juni 2009

slumdog millionaire : oscar tahun ini


slumdog millionaire : oscar tahun ini
oleh:eRman eSSn


film yang diangkat dari novel Q & A karya Vikas Swarup meraih 8 penghargaan oscar untuk tahun ini.film terbaik, sutradara terbaik,skenario adapatasi terbaik, tata kamera terbaik, editing terbaik, tata suara terbaik, lagu tema terbaik dan musik film terbaik.sebuah karya perpaduan antara dua mainstream hollywood dan bollywood ditata apik sehingga menghasilkan karya yang dahsyat. adalah danny boyle (sutradara inggris) dan loveleen tandan (sutradara india), dua sutradara ini menjadikan cerita yang kuat dengan multi plot dan karakter. begitupun dengan sinematographi yang dibangun mengingatkan saya pada sebuah film "city of god". kumuh mumbai yang dulunya bernama bombay ditelanjangi oleh camera dengan sudut-sudut yang briliant. dilain tempat A.R Rahman sebagai componis dan penata musik wajib diacungi jempol, dengan lagu-lagu yang tidak lepas dari keindiaanya di-mix dengan unsur-unsur hiphop, r n b, dan pop benar-benar enak didengar. fantastik.


bercerita tentang seorang anak dari kawasan slum (kumuh) jamal (dev patel) mengikuti ajang kuis "who wants to be a millionaire" (versi india) dengan maksud agar dilihat oleh kekasihnya yang hilang latika (freida pinto). dalam pertanyaan-pertanyaan kuis tersebut terjawab oleh pengalaman-pengalaman masa lalunya yang kelam. polisi dan pembawa acara kuis (anil kappor) tidak yakin seorang anak dari kawasan kumuh yang tidak mempunyai pendidikan tinggi itu mampu menjawab pertanyaan demi pertanyaan. sehingga ia di introgasi oleh polisi. pengalaman adalah guru yang berharga.

film ini mendapat saingan terkuat yang tak kalah bagus dari "the curious case of benyamin button". namun aktor terbaik bukan milik brad pitt (the curious case of benyamin button) maupun dev patel (slumdog millionaire) melainkan milik sean pean dalam film "milk" (resensi semoga menyusul). ini kali kedua sean pean menerima oscar yang sebelumnya bermain di "mystic river" (berat banget neh film). deva patel sendiri masih terlalu cool memerankan jamal, lain halnya ketika jamal kecil dan kakaknya salim saat mereka berumur 5 tahun dan 13 tahun sangat mencuri perhatian dan berakting natural.



sebuah film dengan perpaduan estetis, teknik, dan kultur menjadikan film ini sebagai film oscar untuk tahun 2009. segudang pretasi yang tinggi itu tidak luput dari kecaman-kecaman dari pihak lain muncul diantarnya judul "slum-dog", pengekpolitasi kemiskinan, kekerasan anak-anak dan agama. terlepas dari itu semua kita bisa melihat kerealan sebuah kota megapolitan yang didalamnya ada kekumuhan. ahh...mau mumbai....mau jakarta jaraknya sebatas garis pensil.



JR
(penikmat film)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar